PERPUSTAKAAN NGUDI KAWRUH
Home » , » Kenapa Perpustakaan Sepi???

Kenapa Perpustakaan Sepi???

Seiring dengan perkembangan zaman, perpustakaan semakin berkembang. Berbagai fasilitas pendukung terus ditambah untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung. Sehingga fungsi perpustakaan tidak hanya sebagai fasilitas pendidikan tapi juga bisa sebagai tempat hiburan dan refreshing, bahkan bisa dijadikan sebagai rumah kedua. Perpustakaan desa Ngudi Kawruh sebagai distributor informasi dan sebagai sumber informasi berusaha untuk menyediakan sarana dan fasilitas yang nyaman untuk pengguna agar pengguna merasa betah di Perpustakaan. Selain karena tempatnya yang nyaman Perpustakaan juga tentunya berusaha untuk menyediakan koleksi yang diminati dan disukai oleh masyarakat sesuai dengan usia mereka.

Lalu Kenapa Masih Banyak Perpustakaan yang Sepi Pengunjung?
Yaaa,,,meskipun manfaat perpustakaan begitu penting namun entah kenapa pamor dan ketertarikan masyarakat terhadap perpustakaan nampaknya tak bisa secemerlang dengan tempat tempat hiburan yang lainnya seperti mall dan lainnya. Akibatnya kesan perpustakaan sebagai gudang atau tempat penyimpanan buku kekal di otak masyarakat.

Bagaimanakah kita menggeser Mindset masyarakat mengenai Perpustakaan sebagai Gudang Buku ?
@Meningkatkan minat baca

Jika disuatu tempat tersedia fasilitas perpustakaan yang lengkap dan memadai, tetapi sepi pengunjung maka salah satu indikasinya adalah rendahnya minat baca masyarakat. Ketika minat baca kurang, meski buku buku yang disiapkan berkualitas hal itu tak akan mengubah pandangan masyarakat. Rendahnya minat baca ini terlebih karena faktor karakter yang dimiliki. Yang dari sejak awal tidak ada keinginan untuk mau tahu. Tidak ada pembiasaan dari kecil untuk membaca. Selain itu, faktor gengsi juga mempengaruhi rendahnya minat baca seseorang. Terkadang orang tidak ingin dikata terlalu rajin atau dikata seorang yang sangat rajin. Ada gengsi yang muncul sehingga mempengaruhi diri secara psikologi dan kelompok. SOLUSInya adalah Perpustakaan harus bisa menarik minat baca masyarakat misal dengan acara-acara tertentu yang bisa menarik perhatian masyarakat :D atau membentuk TIM atau perkumpulan Remaja Cinta membaca yang mana remaja-remaja inilah yang nantinya akan mengajak anak-anak kecil pada khususnya untuk membaca dan memberikan motivasi agar senang membaca.

@Menyediakan Koleksi Yang disukai Masyarakat

Pengunjung yang sedikit tak bisa sepenuhnya disalahkan kepada masyarakat pada satu lingkungan. Karena bisa saja koleksi yang dimiliki oleh sebuah perpustakaan banyak tidak disukai oleh pengguna khususnya anak-anak. Untuk itu perpustakaan sangat perlu melakukan yang namanya Pengembangan Koleksi agar kualitas koleksi tetap terjaga dan kebutuhan pengguna akan informasi bisa terespon dengan adanya pengembangan koleksi ini. Namun kebanyakan, kendala di Perpustakaan dalam melakukan pegembangan koleksi yaitu ada pada masalah Anggaran, minimnya anggaran yang digunakan untuk pengembangan koleksi membuat Pustakawan harus kreatif dalam melakukan manajemen koleksi dan memperhatikan kebutuhan pengguna.

0 komentar:

Posting Komentar